12 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

blog post image

Tempat Wisata di Pekanbaru - Tidak hanya kekayaan budaya Melayu, Pekanbaru juga memiliki keindahan alam yang memikat turis dari berbagai belahan dunia. Ibu kota Provinsi Riau ini menyajikan kombinasi menarik antara kebudayaan Melayu serta kemajuan perkotaan modern. Maka dari itu, banyak wisata baru yang naik daun. Pilihannya juga beragam sehingga anda dapat menentukan destinasi wisata sesuai keinginan dan kebutuhan. Anda bisa mengajak rombongan teman atau keluarga untuk menghabiskan momen spesial bersama. Berikut deretan tempat liburan yang bisa anda kunjungi di sela-sela waktu.  

Daftar Tempat Liburan di Pekanbaru yang Seru

  1. Museum Sang Nila Utama
  2. Asia Heritage
  3. Kawah Biru
  4. Agrowisata Tenayan Raya
  5. Pasar Wisata
  6. Danau Khayangan
  7. Taman Rekreasi Alam Mayang
  8. Rainbow Hills Rumbai
  9. Pantai Cinta
  10. Candi Muara Takus
  11. Air Terjun Batu Dinding
  12. Istana SIak Sri Indrapura

1. Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama di Pekanbaru adalah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi siapa saja yang ingin memperdalam pengetahuan tentang sejarah dan budaya Provinsi Riau. Di museum ini, pengunjung dapat menemukan berbagai peninggalan bersejarah yang mencerminkan kekayaan budaya daerah, termasuk pakaian adat, alat musik tradisional dari berbagai daerah di Riau, serta berbagai benda kerajinan yang menambah wawasan mengenai kehidupan masyarakat setempat.  Museum ini terletak di Jl. Jenderal Sudirman No.194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB pada hari Senin hingga Jumat. Dibuka gratis!

Museum Sang Nila UtamaMuseum Sang Nila Utama (Sumber: Detik)

 

2. Asia Heritage

Ingin belajar budaya negara-negara di Asia? Asia Heritage menyajikan pengalaman unik dan menarik dengan budaya dan tradisi dari empat negara di Asia seperti Jepang, Tiongkok, Korea dan Indonesia. Disini, anda bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang instagramable. Bahkan, anda dapat mengajak si kecil untuk mempelajari budaya dan tradisi seperti tari, musik, makanan dan pakaian tradisional. Dengan mengunjungi Jl. Yos Sudarso KM 12, Rumbai, anda akan mendapatkan banyak pengalaman yang tidak terlupakan. Wisata ini edukasi ini buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00.

Asia HeritageAsia Heritage (Sumber: Detik)

 

3. Kawah Biru

Mau menikmati destinasi wisata alam yang indah and menenangkan? Kawah Biru ialah tempat wisata berupa kawah berair biru yang terbentuk saat PT. PLN menggali tanah di lokasi berpasir putih. Lalu, tempat tersebut terisi air hujan sehingga menyuguhkan panorama yang menyegarkan mata. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berfoto dan bersantai di area pinggir danau. Suasananya seperti berada di negara Eropa karena pasir putih dan air efek saljunya. Hanya dengan membayar Rp 5.000 per orang, anda bisa menyaksikan keindahan alam unik ini. Lokasinya berada di Jl. Kerja Labersa, Tanah Merah, Siak Hulu, Kampar, Riau.

tempat wisata pekanbaruKawah Biru (Sumber: gerbangriau.com)

 

4. Agrowisata Tenayan Raya

Tertarik berkebun? Anda bisa merasakan serunya memetik buah langsung dari pohon langsung di Agrowisata Tenayan Raya. Destinasi wisata ini bisa anda kunjungi di Pekanbaru dengan konsep agro-edukasi. Berbagai kegiatan menarik yang bisa anda lakukan yakni menangkap ikan, memetik buah, memanen sayur dan bercocok tanam. Fasilitas outbondnya tersedia lengkap sehingga anda bisa menikmati semua pengalamannya dengan nyaman. Lokasinya berada di Agrowisata Tenayan Raya, Jl. Kadiran, Kulim, Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau. Menariknya, wisata ini biasanya mengadakan konser spektakuler seperti YLO FEST 2024 dengan line-up penyanyi papan atas.

Agrowisata Tenayan RayaAgrowisata Tenayan Raya (Sumber: blog.pigijo.com)

 

5. Pasar Wisata

Pasar Wisata menyuguhkan beragam keunikan serta daya tarik tersendiri seperti kuliner khas daerah, kerajinan tangan dan pertunjukan seni dan budaya yang memukau. Produknya juga sangat murah daripada di toko-toko modern biasanya. Anda bisa mengunjunginya di Pekanbaru, Pasar Bawah.

pasar wisata pekanbaruPasar Wisata (Sumber: pekanbaru.go.id)

 

6. Danau Khayangan

Berada di perumahan Payung Sekaki, Danau Khayangan sangat terkenal di Pekanbaru karena suasananya tenang dikelilingi pepohonan rindang. Anda bisa menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan sambil berjalan-jalan, memancing, bersepeda atau menaiki perahu. Biasanya, danau digunakan sebagai acara piknik, berkumpul bersama dan acara nikahan karena suasananya yang teduh.

Danau KayanganDanau Khayangan (Sumber: monitorriau.com)

 

7. Taman Rekreasi Alam Mayang

Berada di daerah asri, Taman Rekreasi Alam Mayang patut dikunjungi untuk menikmati panorama asri dan menenangkan. Disini, anda bisa menyegarkan pikiran dengan berjalan-jalan dan bersantai ditemani panorama taman yang serba hijau. Terlebih lagi, fasilitas keolahragaannya juga lengkap seperti lapangan voli, lapangan sepak bola, dan lapangan basket. Tidak hanya bersantai, anda juga bisa berolahraga disini dengan suasana baru. Anda bisa bermain bersama dengan teman sepuasnya agar lebih seru. Anak-anak juga dapat menggunakan wahana bermain di area playground. Area wisatanya yang luas cocok dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul keluarga atau teman.

Taman Rekreasi Alam mayangTaman Rekreasi Alam Mayang (Sumber: Tribunnews)

 

8. Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills Rumbai atau disebut Bukit Pelangi menyajikan keindahan bukit dengan lanskap langit biru yang menakjubkan. Berada di Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau, anda bisa menyaksikan fenomena indah matahari terbenam. Bahkan, di momen tertentu, ada pelangi yang timbul menambahkan kesan indah bak lukisan. Tidak hanya menikmati panorama, banyak kegiatan menarik yang seru dilakukan. Anda bisa berjalan menyusuri bukit untuk menjelajahi keindahan alamnya. Anda juga bisa berkemah di camping area yang tersedia untuk menikmati suasana bukit seharian penuh. Tidak lupa juga mengabadikan momen seru dengan menjepret foto sepuasnya.

Rainbow Hills RumbaiRainbow Hills Rumbai (Sumber: palpos.id)

 

9. Pantai Cinta

Pekanbaru juga memiliki wisata pantai yang patut anda kunjungi. Berada di Desa Teluk Jering, pantai ini sebenarnya sebuah sungai tetapi tidak seperti lainnya. pantainya berwarna putih dan memiliki rumput hijau yang membentang di sekitar sungai sehingga memiliki keunikan tersendiri.  Jika ingin menguji adrenalin, cobalah wahana banana boat.

pantai cintaPantai Cinta (Sumber: seringjalan.com)

 

10. Candi Muara Takus

Tertarik berwisata sejarah? Candi Muara Takus berada sekitar 135 km dari pusat kota Pekanbaru dan sudah ada sejak abad ke-7 sampai ke-13. Candi Buddha ini sudah ada sejak abad ke-7 hingga ke-13. Lokasinya berada di tengah Perkebunan kelapa sawit sehingga suasananya sejuk dan asri.

Candi Muara Takus Candi Muara Tikus (Sumber: liputan6)

 

11. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding  adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan menakjubkan dengan udara yang sejuk dan aliran air yang jernih. Meskipun tidak terlalu tinggi, air terjun ini dikelilingi oleh kolam alami yang luas, memungkinkan pengunjung untuk berenang sepuasnya dalam suasana yang tenang dan alami. Dengan akses yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua jam dari kota Pekanbaru, tempat ini sangat ideal untuk pelarian sejenak dari kesibukan. Lokasinya terletak di sekitar 80 km dari Tj. Belit, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar. Buka 24 jam dengan harga tiket hanya p 5.000,00 per orang.

Air Terjun Batu Dinding Air Terjun Batu Dinding(Sumber : indozone.id)

 

12. Istana SIak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura adalah salah satu tempat wisata sejarah yang paling menarik di Pekanbaru dan merupakan peninggalan Kesultanan Siak, kerajaan terbesar di Riau. Pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai peninggalan bersejarah yang ada di istana ini. Tiket masuknya pun terjangkau, hanya 5 ribu rupiah, menjadikannya aksesibel bagi semua kalangan. Selain menikmati keindahan arsitektur dan koleksi yang ada, para wisatawan juga mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang sejarah dan budaya Provinsi Riau. Lokasinya terletak di Jl. Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Kampung Dalam, Kabupaten Siak. Dengan jam operasional dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB dan harga tiket hanya Rp 5.000,00 per orang.

Istana SIak Sri IndrapuraIstana Siak Sri Indrapura (Sumber : IDN Times)

Baca Juga : 12 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Wajib Dicoba

  Ada banyak pilihan destinasi wisata di Pekanbaru yang bisa dikunjungi bersama rombongan wisata baik teman atau keluarga. Setiap wisatanya memiliki keunikan tersendiri seperti kuliner, budaya, alam, hingga sejarah. Anda bisa memilih di antaranya sesuai selera dan kebutuhan. Jangan lupa mengabadikan momen dengan menjepret foto sepuasnya.

Related Blogs

11 Tempat Wisata Depok yang Hits dan Seru

Terletak dekat dengan Jakarta, Depok kerap jadi salah satu tujuan berwisata dan berlibur. Terut

Daftar Makanan Khas Cirebon yang Legend dan Otentik

Masing-masing daerah di Indonesia umumnya memiliki makanan khasnya sendiri, tidak terkecuali de

6 Hotel Unik di Jakarta yang Instagramable Banget

Bila ingin dapat pengalaman baru menginap di akhir pekan, 5 hotel unik di Jakarta ini bisa menjadi pilihan. Selain bersih dan n

15 Tempat Wisata di Singapura, Wajib Dikunjungi !

Ingin liburan ke negara tetangga Singapore? Buat para turis yang mampir ke negara maju dan bers